Sabtu, 25 September 2010

BAHAYA KEMUNAFIKAN

Abu Hurairah ra meriwayatkan dari Nabi saw yang berkata, Ciri-ciri orang munafik adalah: jika berbicara selalu berdusta, jika berjanji selalu ingkar, dan jika dipercaya selalu berkhianat.- ( al-Bukhari ).
Dalam hadits lain - Abdullah bin Umar ra berkkata: bahwa Nabi saw berkata, Ada empat dosa sifat yang jika seseorang memperlihatkan semua cirinya, dia sepenuhnya orang munafik. Jika dia punya salahsatu ciri, dia dianggap memiliki unsur-unsur seorang munafik. Ciri-ciri itu adalah: Berkhianat- Berdusta- Ingkar janji, dan memaki lawan jika ada perbedaan pendapat -( al-Bukhari ).
Ada dua jenis orang munafik type PERTAMA adalah orang munafik yang mengaku Muslin, tetapi tidak mempunyai keimanan atas dasar Islam. Orang yang seperti ini bisa menipu orang lain karena dari luar tampaknya seperti seorang Muslim, tetapi tidak beriman kepada Allah swt dan Rasul-Nya. Mereka ini lebih buruk dari orang kafir dan layak mendapat siksa yang pedih.
Type KEDUA adalah orang yang dalam hatinya mengaku Islam, tetapi tidak melaksanakan akhlak-akhlak utama dalam Islam. Orang seperti ini tidak digambarkan sebagai orang kafir, tetapi sebagai orang fasik. Orang ini bisa masuk surga setelah menerima siksa pedih di Akhirat (Allah maha mengetahui ).
Beberapa Tabi'in pernah membicarakan sifat munafik dan keinginan untuk menjauhinya.
Ibrahim Tamini (w. 92 H) yang bersahabat dengan dengan beberapa sahabat Nabi saw berkata. Setiap aku membandingkan ucapanku dengan perbuatanku, aku takut jika aku digolongkan sebagai orang munafik, karenaada ucapanku yang berbeda dengan perbuatanku.
Ibnu Abi Mulaikah (w. 117 H) berkata:  Aku bertemu berteman dengan tiga puluh sahabat besar Nabi saw yang selalu merasa ketakutan bila digolongkan sebagai seorang munafik. Tidak ada seorangpun diantara mereka yang terlihat menyombongkan keimanan atau kesalehannya atau membual.
Hasan al- Basri (w. 110 H) yang belajar hadits dari beberapa orang sahabat Nabi saw, termasuk muhaddits besar Abdullah bin Mas'ud ra, berkata: Aku bersumpah demi Allah yang maha kuasa.....bahwa semua orang mukmin yang sekarang masih hidup dan semua orang mukmin yang hidup pada masa yang akan datang, merasa takut pada kata munafik.
Dengan demikian, orang yang betul-betul beriman, akan selalu takut menjadi seorang munafik karena berbuat sesuatu yang bertentangan dengan apa yang dikatakan atau yang diyakininya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar